Selasa, 10 Mei 2011

5 Tips Melindungi Data Microsoft Outlook

Kita mungkin tau betapa pentingnya menjaga file dan data-data pribadi kita yang ada pada computer kita. Sampai pentingnya data tersebut, orang lain pun kita larang membuka file-file komputer kita. Jangankan membuka, menyentuh aja gak boleh!Hehehe... Namun, sebagai manusia kita tidak pernah selalu sadar bahwa beberapa data kita tersebut berada di Microsoft Outlook . Mungkin juga karena faktor lupa pada pikiran kita karena terlalu lelah seharian bekerja. Oke, biar masalahnya gak bertele-tele maka langsung saja ke pokok pembahasannya.

Berikut 5 Tips untuk melindungi data Microsoft Outlook:
  1. Lindungi Item Pribadi Anda
Bila menjalankan Microsoft Outlook pada Exchange Server, anda bisa menandai beberapa item sebagai private. Misal, jika anda membuat jadwal waktu pribadi , maka user lain hanya akan melihat Private Appointment dan mereka tidak bisa membukanya.  Untuk membuat jadwal waktu pribadi, beri tanda centang private di halaman pertama form appointment.(disudut kanan bawah).

  1. Amankan Folder Pribadi Dengan Password
Untuk membuat password untuk folder pribadi, klik kanan level paling atas (biasanya adalah personal folder) dan kemudian pilih Properties for �Personal Folders�. Kemudian pada Tab general, klik Advanced dan kemudian klik Change Password.

  1. Silahkan Anda Ganti Sekuriti Logon
Sebagian besar system memberikan akses yang tidak terbatas ke outlook setelah anda masuk ke Windows. Berarti setiap orang bisa masuk ke Outlook anda pada waktu anda tidak sedang berada dimeja computer. Melindungi folder pribadi dengan password memang membatu, namun anda juga perlu membatasi akses ke Outlook.  Anda bisa melakukannya dengan mengganti metode otentikasi yang digunakan Outlook. Dengan demikian Outlook akan meminta password setiap kali anda membukanya, meskipun anda telah masuk kedalam system melalui otentikasi windows. Untuk mengganti metode otentikasi yang digunakan Outlook, silahkan pilih>>E-mail Accounts pada menu tools>>Kemudian pilih View or change existing Email account dan klik next.
  1. Perkuat Password Anda 
  2.  Ketauhilah, Password yang kuat paling tidak terdiri dari tujuh karakter berbeda. Yakni terdiri dari  huruf besar kecil, angka, simbol-simbol dan lain sebagainya.
    1. Install Program Antivirus Serta Rutin Update 
    • Nah, yang terakhir ini lebih penting. Jangan lupa untuk menginstall Anti Virus di komputer kita serta   jangan lupa pula untuk meng-Updatenya. Seperti kita ketahui bahwa virus bisa menyusup melalui Email. Bahaya bukan? Demikian penjelasan singkatnya. Terima kasih.

      0 komentar:

      Posting Komentar

       
      Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates