Kamis, 28 April 2011

MotoGP 2011: Honda RC212V 800cc VS Honda RC211V 990cc

Sejak era MotoGP 4 Tak di gelar mulai tahun 2002, banyak sekali pabrikan-pabrikan Sepeda Motor seperti Honda membuat proyek mesin prototype pada tahun sebelumnya. Namun, yang menjadi sorotan publik pada saat itu adalah Honda. Kenapa harus Honda? Karena saat itu pabrikan Honda merupakan Raja yang paling kuat dalam persaingan di MotoGP. Tidak tanggung-tanggung, Honda membuat mesin prototype RC211V sungguh bertenaga dasyat hingga Valentino Rossi menjadi juara dunia berturut-turut selama dua tahun. Namun, sejak tahun 2007 saat Era MotoGP 800cc di gelar, sepertinya Honda kurang kompetitif. Ada apa dengan Honda saat itu? Kenapa mesin prototype RC212V 800cc tidak sekompetitif RC211V 990cc?




Ternyata pokok permasalahannya adalah pada pembalapnya Dani Pedrosa. Seandainya di tahun 2007 Honda membuat RC212V 800cc dalam 2 chassis yang berbeda ukuran, mungkin akan lebih baik bagi para pembalapnya pada saat itu. Ya karena postur tubuh Pedrosa tidak sama dengan pembalap Honda lainnya. 


Sejak MotoGP memasuki Tahun 2011, sepertinya Honda sedang gila-gilaan. Tidak tanggung-tanggung Honda menurunkan 3 pembalap utamanya di Team utama Repsol Honda. Bukan hanya itu, kinerja mesin Honda RC212V sudah lebih baik dari para kompetitor-kompetitornya. 


Seperti di ungkapakan di media massa, bahwa Honda menggunakan transmisi baru pada mesin RC212V hingga membuat mesin tersebut bekerja lebih baik. Saya benar-benar kagum pada Honda. Kenapa kagum? Bayangkan jika kita mengendarai Honda RC212V 2011, kita tidak perlu menurunkan tuas Gas sedikitpun  saat kita memasukkan gigi perseneling. Technologi apa sebenarnya yang digunakan Honda pada mesin RC212V?


Sama halnya dengan Honda RC211V yang mempecundangi lawan-lawannya sebelum kepergian The Doctor dari Team Repsol Honda. Lantas bagaimana jika kedua motor Honda tersebut saling bertarung di lintasan balap? Mana yang lebih baik, Honda RC211V 800cc atau Honda RC212V 990cc? 

Saya yakin dua motor tersebut sama-sama kompetitif jika bertarung di lintasan balap. Sekalipun RC212V berkapasitas cyclinder 800cc, namun jangan di remehkan karena record Top Speed dan Accelaration Honda RC211V 990cc telah dikalahkan dengan adiknya sendiri yakni Honda RC212V 800cc. Mari kita tunggu kabar terbaru dari HRC. Semoga kedua motor tersebut di uji coba bersama di lintasan balap.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates